Jumat, 23 November 2012

Manfaat TIK Dalam Dunia Pendidikan


TIK Dalam Pendidikan
Apabila  kita  amati  dengan  seksama,  apa  sebenarnya  yang  menjadi  inti  permasalahan  pada  dunia pendidikan,  mungkin  jauh  lebih  sulit  dari  menggantang  asap.  Berbagai  hal  dapat  saja  dipersalahkan  sebagai    pokok    masalah    yang    menghambat    kemajuan    dunia    pendidikan    di    Indonesia.   Namun demiki an,    yang    jelas-jelas    dapat    kita    temukan    sebagai    suatu    kecacatan    ialah proses    belajar mengajar   konvensional   yang   mengandalkan   tatap   muka   antara   guru   dan   murid,   dosen   dengan mahasiswa,  pelatih  dengan  peserta  latihan,  bagaimanapun  merupakan  sasaran  empuk  yang  pali ng mudah  menjadi  sasaran  bagi  suara-suara  kritis  yang  menghendaki  peningkatan  kualitas  pada  dunia pendidikan.  Ketidakefektifan  adalah  kata  yang  paling  cocok  untuk  sistem  ini,  sebab  seiring  dengan perkembangan  zaman,  pertukaran  informasi  menjadi  semakin  cepat  dan  instan,  namun  institut  yang masi h    menggunakan    sistem    tradisional    ini    mengajar    (di    jenjang    sekolah    tinggi    kita    anggap memberikan  informasi)  dengan  sangat  lambat  dan  tidak  seiring  dengan  perkembangan  TIK.  Sistem konvensional  ini  seharusnya  sudah  ditinggalkan  sejak  ditemukannya  media  komunikasi  multimedia.
Karena    sifat    Internet    yang    dapat    dihubungi    setiap    saat,    artinya    siswa    dapat  memanfaatkan program- progr am  pendidikan  yang  disediakan  di  jaringan  Internet  kapan  saja  sesuai  dengan  waktu luang   mereka   sehingga   kendala   ruang   dan   waktu   yang   mereka   hadapi   untuk   mencari   sumber belajar  dapat  teratasi.  Dengan  perkembangan  pesat  di  bidang  teknologi  telekomunikasi ,  multimedia, dan  informasi;  mendengarkan  ceramah,  mencatat  di  atas  kertas  sudah  tentu  ketinggalan  jaman.
Upaya-upaya  peningkatan kualitas serta kuantitas pendidikan telah dilakukan  oleh  pihak  pemerintah,  walau sampai saat  ini  hasilnya belum memuaskan.   Usaha  yang  dilakukan oleh  pemerintah   biasanya bersifat konstitusional demi  mendapatkan lulusan    dari    sekolah    yang    kompetitif dan siap bersaing secara global,  misalnya  dengan    menetapkan angka    batas   minimal   kelulusan    UAN (sebesar   4,25).    Menurut   saya,   hal   ini   bukannya  cara    memperbaiki   mutu   pendidikan   melainkan justru  nampak  seper tinya kita hendak  menjegal generasi kita.
Penggunaan    TIK    Dalam    Dunia    Pendidikan    Arti  TIK    bagi    dunia   pendidikan    seharusnya    berarti tersedianya  saluran  atau  sarana  yang  dapat  dipakai  untuk  menyiarkan  program  pendidikan.  Namun hal   Pemanfaatan   TIK   ini   di   Indonesia   baru   memasuki   tahap   mempelajari   berbagai   kemungkinan pengembangan    dan    penerapan  TIK    untuk    pendidikan    memasuki    milenium  ketiga    ini.    Padahal penggunaan  TIK     ini    telah    bukanlah    suatu    wacana    yang    asing    di    negeri    Paman    Sam    sana. Pemanfaatan   IT   dalam   bidang   pendidikan   sudah   merupakan   kelaziman   di  Amerika   Serikat   pada  dasawarsa  yang  telah  lalu.  Ini  merupakan  salah  satu  bukti  utama ketertinggalan  bangsa  Indonesia dengan  bangsa-bangsa  di  dunia.     Informasi  yang  diwakilkan  oleh  komputer  yang  terhubung  dengan internet  sebagai  media  utamanya  telah  mampu  memberikan  kontribusi  yang  demikian  besar  bagi proses  pendidikan.  Teknologi  interaktif  ini  memberikan  katalis  bagi  terjadinya  perubahan  medasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar